Forum dan Komunitas Pertanian Indonesia – Agroteknologi.web.id

Forum dan Komunitas Pertanian Indonesia – Agroteknologi.web.id. Meskipun bertani di lahan pertanian bisa dikatakan menjadi profesi tertua di Indonesia, namun seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi, petani dan pengusaha hasil pertanian juga seharusnya mengikuti perkembangan jaman untuk terus meningkatkan kualitas hasil pertanian.

Forum dan komunitas pertanian sangatlah memegang peranan penting sebagai wadah untuk saling bertukar pikiran dan informasi antar sesama petani. 

Forum dan Komunitas Pertanian Indonesia


Beruntung saat ini telah ada Forum dan Komunitas Pertanian Indonesia – agroteknologi.web.id yang sangat membantu petani satu dengan petani lainnya, atau secara umum orang-orang yang terjun di dunia pertanian untuk mendapatkan informasi seputar pertanian di Indonesia.

Bukan hanya komunikasi satu arah saja, namun agroteknologi.web.id juga menyediakan fitur forum yang bisa dimanfaatkan untuk saling berbagi, tukar ide, tukar pikiran, atau tanya jawab. 

Forum dan Komunitas Pertanian Indonesia – agroteknologi.web.id ini sangat berperan aktif dalam mengembangkan dan meningkatkan kualitas dan kuantitas dari hasil pertanian.


Para petanipun seharusnya tidak menutup diri untuk selalu terbuka menerima modernitas bidang pertanian agar tetap bisa mengikuti perkembangan dunia pertanian yang dari masa ke masa pasti berkembang Indonesia merupakan negara agraris yang memiliki tanah yang subur dan sebagian besar penduduknya bermata pencaharian bercocok tanam atau bertani serta hanya memiliki 2 musim iklim yaitu kemarau dan penghujan.

Posisi geografis Indonesia yang berada pada garis khatulistiwa juga sangat menguntungkan dan menjadikan Indonesia sebagai negara tropis. Jika kita menilik ke belakang, seperti diketahui bahwa Indonesia pernah berswasembada pangan. Hal ini sangat lumrah jika melihat hamparan lahan pertanian yang sedemikian luas.

Keunggulan Agroteknologi.web.id


Swasembada pangan adalah pencapaian terbaik dimana bisa mencukupi kebutuhan pangan dalam negeri dan juga masih bisa mengekspor pangan sebagai pendapatan negara. Kekuatan sebuah negara terletak pada kecukupan pangan para penduduknya, dan bencana kelaparan adalah momok terburu bagi negara manapun.

Salah satu program untuk menuju pada tahap ketahanan pangan adalah dengan melakukan diversifikasi pangan, yaitu dengan cara membudidayakan keragaman tanaman pangan yang telah ada agar tercipta pola konsumsi pangan yang aman, bermutu, dan bergizi seimbang. Bukan hanya tanaman saja, mungkin bisa merambah ke beternak hewan.

Disini diperlukan adanya pengetahuan tentang ilmu hewan agar cara beternak dan penanganan terhadap hewan ternak tidak salah dan bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Kembali lagi pentingnya Forum dan Komunitas Pertanian Indonesia – Agroteknologi.web.id untuk media bersosialisasi antar petani yang tidak hanya terbatas pada satu wilayah saja, namun mencakup yang tidak terbatas karena bisa di akses darimana saja.

Hal ini sangat menguntungkan karena informasi yang didapatkan bisa lebih luas karena tidak hanya terbatas pada satu area wilayah saja namun bisa juga secara global.

Forum pertanian seperti ini patut diapresiasi mengingat sangat penting bagi laju kemajuan sebuah negara dalam hal pangan. Petani bisa saling berdiskusi dengan petani lainnya yang jauh keberadaanya karena sifatnya online. Jika dulu, forum diskusi petani adalah dengan cara memanfaatkan balai desa, balai pertemuan warga, atau yang lainnya untuk membahas masalah seputar pertanian yang dihadapi.

Agroteknologi.web.id


Ilmu dan pengetahuan tentang bercocok tanam yang modern dengan mengikuti dan melakukan pola-pola yang sesuai dengan perkembangan jaman akan sangat mudah di dapat.

Misalnya, bagaimana cara mengolah lahan pertanian dengan baik mulai dari persiapan tanam, selama masa tanam, dan pasca panen. Atau permasalahan yang klasik yang dihadapi para petani seperti persoalan hama yang menyerang tanaman. Bagaimana cara mengatasi atau memberantasnya tanpa merusak ekosistem yang ada.

Bagaimana cara menggunakan pupuk yang tepat dan tidak berlebihan? Bagaimana cara menetukan pupuk yang cocok untuk setiap tanaman? Apa saja kandungan pupuk yang baik untuk kesuburan tanaman dan tanahnya. Dan masih banyak lagi manfaat yang bisa didapatkan jika telah bergabung di Forum dan Komunitas Pertanian Indonesia – Agroteknologi.web.id

Dengan begitu hasil dari pertanian akan bisa meningkat dan terhindar dari gagal panen. Kalau hasil pertanian melimpah, maka akan berimbas juga terhadap pendapatan dan kesejahteraan para petani. Baca juga artikel Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan.

Forum dan Komunitas Pertanian Indonesia – Agroteknologi.web.id tidak hanya ditujukan pada petani saja, namun lebih luas lagi kepada siapapun yang ingin belajar atau mengajari atau belajar bersama tentang pertanian, budi daya tanaman, dan lainnya. Demikian sedikit ulasan tentang Forum dan Komunitas Pertanian Indonesia – Agroteknologi.web.id.

Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tinggalkan komentar yang sesuai dengan topik pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan aktif tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar